Jadikan Kritik Sebagai Motivasi

Doc: Istimewa (@KubahBudaya_)

Oleh Mauliediyaa Yassin

Diskusi minggu ke-3 Kubah Budaya periode 2016-2018, diisi oleh pengurus Divisi Bahasa dengan materi bertajuk "Dunia literasi di media massa" (Sabtu, 20/02). Encep Abdullah, yang karyanya sudah malang melintang di media massa--baik Lokal maupun Nasional dan beberapa media online, tampil sebagai pembicara.
       Dalam kesempatan itu, Encep berbagi pengalaman bagaimana cara membaca peluang untuk mengirimkan tulisan agar bisa dimuat di media massa. Selain itu, Encep juga memaparkan seberapa besar pengaruhnya suatu karya yang ditulis dan dipublikasikan ke media massa bagi dunia literasi.
      Menurutnya, suatu karya yang hanya diendapkan, tidak akan memberikan apa-apa. Dari segi mental juga tidak akan membentuk keberaniaan dan rasa percaya diri yang tangguh jika tulisan itu tidak dipublikasi, sebab tidak akan ada filter yang menyaring baik atau buruknya suatu karya yang ditulis.
     Dengan semangat yang luar biasa--para peserta diskusi yang sebagiannya adalah pemula dalam dunia tulis-menulis, mendengarkan dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait karya dan media massa. Bersama pembicara, mereka saling bertukar pengalaman tentang karya dan pengaruh media massa pada karya itu sendiri.
     Di akhir diskusi yang berlangsung selama hampir 2 jam itu, Encep Abdullah memberikan "sweet note" kepada para peserta. Dari kaca mata pembicara, media massa merupakan wadah untuk membuka jaringan dan relasi di dunia literasi. Menurutnya lagi, menulis adalah kegiatan merefleksikan apa saja yang ditemui setiap hari. Tak terkecuali para pengritik yang mengomentari tulisan yang terbit di media massa. Semakin banyak orang yang memberikan kritikan terhadap karya yang dibuat, harusnya semakin besar motivasi diri untuk memperbaiki kualitas karya tulis itu sendiri. [*]

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment